Kamis, 13 April 2017

Candrradimuka Radio

Candradimuka Radio sudah berdiri sejak lama, namun baru bisa aktif di tahun 2011. Belum dapatnya izin penyiaran dari Komisi penyiaran indonesia daerah (KPID) Palembang  menjadi salah satu faktor belum bisa aktif nya C-radio.  

Sejak diaktifkan tahun 2011, Candradimuka Radio atau C-radio menjadi babak baru bagi mahasiswa – mahasiswi STISIPOL CANDRADIMUKA Palembang yang ingin berkecimpung di dunia penyiaran, Khususnya penyiar radio. Sejak diaktifkan, banyak mahasiswa yang ingin mencoba mengisi suara menjadi penyiar di C-radio.

C-radio sendiri dimotori oleh pak farid, salah satu dosen STISIPOL CANDRADIMUKA  yang juga sebagai penyiar di Sriwijaya radio. Di tangan beliau lah nama C-radio bisa booming di kalangan mahasiswa – mahasiswi stisipol candradimuka. Berkat beliau juga mahasiswa bisa menempatkan kemampuan dengan tepat di bidang nya (penyiar). Dibantu juga oleh mbak icha yang menjabat sebagai manajemen di candradimuka radio.

Selama satu tahun C-radio aktif banyak acara – acara hiburan yang telah di bagikan oleh C-radio, seperti musik, gaya hidup, pendidikan, morning break, dan kampus jingga. Musik – musik yang disiarkan oleh C-radio menyesuaikan dengan era atau genre musik yang sedang hits dalam dunia tarik suara, contohnya saja pada tahun 2011 kawula muda sedang suka-sukanya genre musik boy band/girl band.  Informasi Gaya hidup yang dibagikan oleh C-radio seperti fashion style yang sedang trend di kalangan remaja, lokasi lokasi favorit yang sedang menjadi tranding topik mahasiswa – mahasiswi, atau informasi gaya hidup sehat yang baik untuk para mahasiswa – mahasiswi. C-radio juga membagikan informasi - informasi tentang keadaan didalam kampus, event – event yang akan diadakan di dalam maupun diluar kampus kepada mahasiswa - mahasiswi STISIPOL CANDRADIMUKA.

Selama C-radio aktif pendengar C-radio terus bertambah dan banyak mahasiswa -  mahasiswi yang mulai suka mendengar siaran dari C-radio. Karena, C-radio menyiarkan berita yang selalu up to date kepada para mahasiswa – mahasiswi STISIPOL CANDRADIMUKA.

Makin eksisnya C-radio membuat mahasiswa - mahasiswi stisipol ingin bergabung kedalam manajemen C-radio untuk mendapatkan ilmu tentang penyiaran radio dan mengaplikasikan ilmu – ilmu yang dipelajari. Apakah itu berupa ilmu dari segi sistem penyiaran, tata cara untuk siaran off air atau on air, bagaimana mengundang bintang tamu untuk ikut siaran di C-radio, dan mencari informasi untuk disiarkan dan lain sebagainya. Hal tersebutlah yang membuat C-radio semakin maju dan bekembang.
 
Sayang, kepopuleran C-radio tidak berlangsung lama. belum genap setahun C-radio aktif, timbul masalah - masalah internal. mulai dari manajemennya sendiri, sumber daya manusianya, dan bahkan dari perizinan siaran untuk C-radio. Namun manajemen C-radio masih mempertahankan agar C-radio tetap aktif dalam siaran.

Menurut salah satu sumber, tidak adanya struktur manajemen kepengurusan C-radio yang terikat dan kuat, menjadi salah satu faktor besar hilangnya eksistensi C-radio itu sendiri. Sangat disayangkan radio yang sudah berjalan dan banyak memunculkan program – program bagus tetapi harus berhenti di tengah jalan.

Hingga tahun 2015 C-radio belum aktif kembali seperti empat tahun lalu dimana tahun itu menjadi masa jaya nya. Semoga dalam waktu dekat C-radio bisa kembali aktif untuk menyapa dan menghibur semua pendengar setia.


About