Selasa, 23 Agustus 2016

Sejarah dan Periodesasi Kajur Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka


Sejarah Jurusan Ilmu Komunikasi di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Candradimuka Palembang dimulai sejak Sepetember 1967, yakni sejak berdirinya Akademi Publisistik Candradimuka Palembang (APCP). Akademi ini menjadi inspirasi berdirinya Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang sekarang melalui berbagai perkembangan dan perubahan-perubahan menjadi APCP tahun 1972, STIS Candradimuka Palembang 1979, dan STISIPOL Candradimuka Palembang pada tahun 1984. Setiap perkembangan itu Jurusan Ilmu Publikasi yang sekarang menjadi Ilmu Komunikasi selalu ada dan terus diminati masyarakat.
Saat itu APCP yang menempati sebuah ruko di Jalan TP Rustam Effendi Palembang mempunyai mahasiswa angkatan pertama yang berjumlah 60 orang yang 30 orang diantaranya merupakan wartawan beberapa surat kabar daerah Palembang. Dari 60 orang angkatan pertama ini, hanya 30 orang yang sukses mengakhiri perkuliahan mereka dengan mengikuti ujian sarjana muda.
Berdasarkan SK Kepala Dinas Perguruan Tinggi Swasta dan Kedinasan, tanggal 15 April 1970 APCP naik statusnya dari izin operasional menjadi terdaftar. Meski begitu, karena tidak mempunyai gedung sendiri, APCP sempat berpindah-pindah tempat. Dari ruko di Jalan TP Rustam Effendi, pindah ke SMP Negeri Talang Semut, pindah lagi ke Gedung Perjuangan Milik Veteran di Jalan Merdeka, kemudian kembali lagi ke SMP Negeri 1 Talang Semut.
Tanggal 28 Oktober 1979 APCP bergabung dengan STIA (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi) kemudian mengubah namanya menjadi STIS Candradimuka Palembang. Lalu Desember 1984, STIS Candradimuka berubah lagi menjadi STISIPOL Candradimuka dengan membuka Jurusan Ilmu Komunikasi dengan Program Studi Jurnalistik, dan Jurusan Ilmu Administrasi. Kedua jurusan ini mendapatkan akreditasi pertamanya pada 22 Desember 1988 melalui SK Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN). Setahun kemudian dibuka lagi dua jurusan baru yakni Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Jurusan Ilmu Politik.
Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka telah terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B yang berlaku hingga 18 April 2017. Kantor administrasi Jurusan Ilmu Komunikasi sendiri kini menempati salah satu ruangan yang ada di Gedung A lantai satu STISIPOL Candradimuka. Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki gedung perkuliahan di Gedung B dengan empat kelas yang terkadang juga digunakan oleh jurusan lainnya serta gedung khusus perkuliahan Jurusan Ilmu Komunikasi yakni di Gedung C. Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka juga dilengkapi Laboratorium Ilmu Komunikasi yang terdiri dari Televisi Candradimuka dan Radio Candradimuka.
Jabatan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi sejak berdiri sudah beberapa kali terjadi perubahan. “Sebelum menjadi ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, saya menjabat sebagai Sekretaris Jurusan per Februari 2013. Saya menjabat menjadi Ketua Jurusan sejak 10 September 2015 sampai 10 September 2019. Sebelum saya, Pak Budi Santoso, S.Sos, M.Comn yang menjabat sebagai Ketua Jurusan, masa jabatan saya sebagai Ketua Jurusan berbeda dengan masa jabatan Pak Budi Santoso,S.Sos, M.Com. Beliau menjabat sebagai ketua jurusan hanya 2 tahun sedangkan saya 4 tahun,” ungkap Ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A.

Adapun Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi sejak berdirinya STISIPOL Candradimuka sebelum Ibu Sumarni Bayu Anita,S.Sos,M.A,yakni Budi Santoso, S.Sos, M.Comn,Drs. Mawardi, M.Si,Drs. Djakson A. Rivai (Alm), Drs. Leonardus Effendi (Alm), Drs. Ilyas Yan Tjik, Drs. Basri Yusuf, Dra. Isna Wijayani, M.Si, dan Drs. H. Mudasir, M.Si.(Annisa Alfath)



About