Kamis, 13 April 2017

KKL Stisipol Candradimuka 2015


Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu hal yang wajib dilaksanakan mahasiswa selama kuliah. KKL adalah kegiatan yang dilaksanakan di luar kampus yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia kerja yang sebenarnya di lapangan kepada mahasiswa sesuai bidang yang digelutinya. Kegiatan ini biasa diisi dengan melakukan kunjungan industri atau yang lain.

Pada tanggal 25 – 29 September 2015, Stisipol Candradimuka mengadakan KKL ke Yogyakarta, kegiatan yang dilaksanakan selama satu minggu itu diikuti oleh seluruh mahasiswa ilmu komunikasi semester 7,  Salah satunya adalah Rino dwiyana C.P sebagai narasumber saya disini untuk sedikit menceritakan pengalaman yang ia rasakan saat mengikuti kegiatan KKL 2015 kemarin. Ke pada saya kak Rino menceritakan pengalamanya mengikuti kegiatan tersebut, saat ia dan rombongan berangkat menggunakan pesawat Batik Air, dan sempat melakukan Translit di Bandara Soekarno-Hatta, Menunggu selama 2 jam, Lalu berlanjut Terbang ke Yogyakarta. 

Sesampainya Di kota Yogyakarta, Rombongan Langsung Menuju Sebuah Toko Buku Terlengkap Menurut Buk Sumarni Bayu Anita S.SOS, MA, Dosen Pengajar Ilmu komunikasi yang juga pada saat kegiatan tersebut turut serta dan juga sebagai penanggung jawab jurusan, kemudian kak Rino mengatakan Setelah mengunjungi toko buku tersebut, rombongan lalu menuju tempat makan, dan makan bersama, disini kak Rino mengatakan kepada Saya, bahwa ia cuku kesulitan dalam hal memilih makanan yang disediakan, karna kebanyakan makanan yogya bercitarasa manis yang begitu kental, Setelah Perut Terisi, Rombongan pun menuju ke hotel untuk beristirahat terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan kkl tersebut. Lalu kegiatan KKL pun mulai dilaksanakan, diantaranya kunjungn ke Universitas UGM, disana Kak Rino mengatakan kepada saya manfaat yang di rasa dari kunjungan ke universitas UGM tersebut adalah Bisa Sandi Banding dengan Univ yang termasuk besar di Indonesia itu. 

Lalu ada juga kunjungan ke museum pers di solo, di museum tersebut ada barangan-barang milik alm Drs ismail Djalili, pendiri stisipol candradimuka, semua barang-barang peninggalan beliau di tunjukan oleh sang putri ibu Dra. Hj. Lishapsari Prihatini, M.si. yang saat itu juga berkesempatan ikut dalam KKL 2015 tersebut .Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Percetakan yang ada di yogya, kak Rino mengatakan disana mereka mempelajari Percetakan Koran dan melihat  bagaimana dunia kerja khususnya di bidang jurnalistik.

Setelah Semua Kujungan dilaksanakan Kemudian Rombongan pun Merefreshing kan diri dengan menikmati tempat-tempat wisata di yogyakart, bersantai di pantai, ke candi Borobudur, lalu ke tempat-tempat suvernir sekedar berbelanja membeli oleh-oleh untuk dibawa saat pulang ke Palembang, kak Rino juga menceritakan kepada saya ada sedikit kejadian saat  rombongan mengnjungi candi Borobudur, sempat ada kejadian salah seorang mahasiswi stisipol hilang di candi Borobudur saat rombongan kembali ke bus untuk meninggalkan lokasi tersebut, tiba-tiba ia muncul dan seperti sedikit kesurupan. Untungnya semua masih baik-baik saja selepas meninggalkan lokasi candi Borobudur.

Selesai sudah satu minggu penuh Kegiatan KKL 2015 dilaksanakan rombongan telah kembali ke Palembang, dengan selamat, dan mendapatakan kesenangan dan pengalaman yang luar biasa, kak Rino mengatakan pada saya pandangannya terhadap KKL 2015 yang telah ia laksanakan .

Kegiatan yang termasuk penting itu harus banyak yang dirubah, karena kebanyakan kegiatan yang dilakukan selama seminggu itu kebanyakan liburanya, padahal saat melakukan kunjungan kerja itu sangat bermanfaat menambah pengalaman kerja, dan semoga tahun depan untuk adik tingkat, akan lebih bermanfaat lagi, harapnya.


About